Hal-Hal di Balik Halal Bihalal

Pasca bulan puasa, sudah menjadi hal biasa untuk kita lakukan bersama, silaturahmi berupa kegiatan temu keluarga, reuni kawan kuliah, SD, SMP hingga SMA. Ada juga teman bekerja, tak lupa pula sesama tetangga, ditambah lagi rekan sejawat, juga kolega.

Halal bihalal kita menyebutnya.Walau tidak benar secara bahasa, dan istihlal yang lebih utama, tapi biarlah begini saja. Karena ini asli produk Indonesia, Kyai Wahab-lah yang pertama mengenalkannya, demi mendamaikan suhu politik orde lama yang saat itu tak kian mereda. Sungguh mulia subtansinya, saling memaafkan diantara kita sesama manusia, agar terbebas dari dosa.Khilaf dan salah, musnahlah sudah.

Sungguh tradisi yang baik sekaligus unik sekali. Semuanya saling menyadari kekurangan diri, untuk saling memperbaiki. Andai saja halal bihalal bisa kita lakukan secara istiqomah setiap kali kita salah, niscaya hati ini akan terbiasa untuk bermuhasabah. Semoga kita semua bisa menjaga cara beragamanan sarat budaya yang indah, guna kembali kepada pribadi utuh yang menggapai maqam fitrah. (tas)

Assalamualaikum, kami segenap admin Kolong Kata mengucapkan mohon maaf lahir batin atas semua salah dan khilaf (mumpung masih syawal ya, kak, dik, mas, sist, bro).

Pengantar yang indah (di atas) baru saja diberikan oleh Bung Tas, maka sejatinya halal bihalal yang secara rutin kita lakukan tiap tahun tak cuma bermakna simbolik saja. Banyak hal-hal yang tersirat di baliknya dan halal bihalal ternyata bukan cuma soal bersuka ria dan riang gembira. Mulai kini, sudah sepatutnya kita bisa mengambil “arti” di dalamnya.

Eh, kalian sudah halal bihalal kemana aja nih? Udah dapat pertanyaan tentang “kapan .. ?” —yang melegenda itu.

Santai saja guys kalau dapat pertanyaan yang ngeselin, hidup memang butuh bumbu untuk menguatkan hati kita. EH JADI CURHAT!

 

Salam,

Dari kami para admin Kolong Kata.

 

Dark Blue and Orange Simple World Press Freedom Day Social Media Post

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s